Tulang Paha Ayam

Tulang Paha Ayam

Tulang Paha ayam merupakan produk sampingan dari proses produksi boneless Paha ayam, sampai saat ini RPA Wahana Sejahtera Foods terus meningkatkan kapasitas produksi ayam fillet baik itu berupa Boneless Dada maupun Boneless Paha Ayam untuk menjaga ketersediaan dan rutinitas kebutuhan produksi bagi customer setia RPA Wahana Sejahtera Foods. Dari proses produksi boneless/fillet ayam tersebut didapatkan beberapa hasil sampingan yaitu sayap ayam, kulit ayam, kerongkongan ayam, lemak tubuh ayam, tulang muda ayam dan tulang paha ayam. Adapun Boneless Dada/Boneless Paha ayam tersebut merupakan core dari produksi ayam filet itu sendiri.  

Hasil sampingan produksi ayam fillet yang sudah lazim banyak digunakan adalah sayap ayam untuk diolah menjadi berbagai macam jenis produk olahan diantaranya whole wings untuk spicy wing, L wing, Wing Tulip, Drum Wing dan wing tip. Hasil sampingan kulit banyak dibutuhkan oleh industri makanan olahan chicken nuget sebagai emulsi dan campuran bahan baku yang lain dengan kebutuhah yang sangat besar, untuk komoditi kulit ayam ini sangat positif bagi kalangan RPA cukup menjanjikan karena serapan industri kecil dan menengah cukup tinggi sedangkan bagi perusahaan makanan olahan merupakan sebuah ironi karena disaat industri makanan olahan membutuhkan banyak pasokan kulit ayam, disisi lain tidak banyak RPA yang bisa memenuhi secara total kebutuhan kulit ini, ditambah lagi dengan standart food grade factory processing yang dijalankan oleh QC, kulit ayam yang jumlahnya terbatas tersebut masih banyak dinilai tidak memenuhi standart industri makanan olahan sehingga hak mutlak QC mengembalikan kulit ayam yang dinilai tidak baik tersebut  dikarenakan kondisi pucat, masih ada bulu halus yang menempel apalagi sampai ditemukan kontaminasi produk, maka tidak ada kompromi lagi. Kulit ayam tersebut wajib direject total.

Produk sampingan kerongkongan ayam-pun juga banyak digunakan untuk bahan baku kaldu ayam yang nikmat, juga bisa dipakai sebagai bahan baku MDM ayam. Kebutuhan pasar akan lemak tubuh ayam juga sangat tinggi dijadikan sebagai minyak lemak ayam untuk campuran bahan baku produk olahan ayam yang menghasilkan aroma dan taste nikmat dengan adanya tambahan minyak lemak ayam tersebut sesuai kebutuhan.   Sampingan produk boneless/ayam fillet yang terakhir adalah tulang paha ayam, tulang paha ayam ini didapat dari proses boneless Paha Ayam, dengan kapasitas produksi boneless dari ayam hidup 15ton setiap hari, maka didapatkan produk tulang paha ayam yang cukup berlimpah.

 

Pemakai produk sampingan tulang paha ayam ini yang paling banyak adalah perusahaan feedmill untuk diproses menjadi tepung tulang karena kandungan kalsium cukup tinggi dan harga bahan baku relatif murah. Home industri makanan olahan juga banyak menggunakan tulang paha ayam untuk “chicken drum KW”  istilahnya. Dimana tulang paha ayam tersebut di olah dengan cara dipotong menjadi dua bagian, kemudian dilapisi tepung berbumbu khusus dan dibentuk menyerupai paha bawah ayam dengan handle tulang paha ayam ini.   Tidak ketinggalan, Horeca-pun juga banyak yang memakai tulang paha ayam sebagai kaldu penambah kelezatan makanan yang disajikan. RPA Wahana Sejahtera Foods memiliki produk sampingan boneless paha berupa tulang paha ayam. Bagi anda yang membutuhkan komoditi tulang paha ayam untuk penunjang produk usaha anda, hubungi segera tim marketing RPA Wahana Sejahtera Foods di nomor:

 

081235414422

 

085730558884