Lemak ayam karkas diperoleh dari proses pemotongan ayam broiler hidup dengan tata cara sebagaimana telah disyaratkan oleh dinas Peternakan dan LPPOM MUI yang pada intinya, semua proses pemotongan harus memenuhi persyaratan Aman, Sehat, Higienis dan Halal.

Adapun proses pengambilan lemak pada ayam karkas ada beberapa tahapan dimulai dari proses evicerasi dimana bagian abdominal(isi perut) ayam dikeluarkan semua lalu didapatkan usus kotor, maras, ati ampela dan jantung. Secara teknis lemak ayam bisa didapatkan dari ampela ayam karkas terutama ayam karkas dengan berat hidup 2 kilogram ke atas, kandungan lemak yang menempel pada bagian ampela ayam karkas tersebut berbanding lurus mengikuti bobot karkas ayam hidupnya, semakin berat tubuh ayam karkas tersebut, semakin banyak pula lemaknya.

Lemak yang menempel pada bagian ampela ayam broiler sangat banyak terutama pada ayam ukuran jumbo/big size, oleh karena itu kandungan lemak tersebut bisa diambil untuk dijadikan nilai tambah bagi produksi sampingan rumah pemotongan ayam. lemak pada ampela tersebut lazim diambil dengan proses pluckering/diblower dengan karet plucker (biasa menggunakan drum plucker), dalam prosesnya, ampela ayam karkas tersebut di masukkan dengan jumlah tertentu pada drum plucker lalu mesin drum pucker dinyalakan sambil menunggu proses pemisahan lemak pada ampela ayam tersebut, sayangya lemak yang didapat dari proses pemisahan ampela ini agak kotor karena biasanya ada kotoran kecil yang turut ikut tercampur pada lemak apabila proses pembersihan isi ampela ayam karkas tersebut kurang bersih, hal inilah yang menyebabkan harga lemak ampela ayam kurang begitu diminati.

Kandungan lemak ayam karkas paling baik terdapat di tiga bagian tubuh ayam:

Pertama: lemak dibagian dada ayam, lemak dibagian dada ayam ini terletak di sisi kiri-kanan dan di tengah-tengan dada ayam. Apabila proses boneless dada ayam selesai diproses lalu menghasilkan produk boneless dada berbentuk hati, bisa dipastikan adanya lemak ayam terdapat pada samping kiri, kanan dan garis tengah boneless dada tersebut. Proses pengambilan lemak dibagian boneless dada ini lazim disebut lemak trimming karena tidak jarang tidak hanya lemaknya saja yang didapat, seringkali daging boneless dada-nya juga ikut terpotong bersama lemak karena jaraknya begitu dekat dengan daging boneless dada tersebut.

Harga lemak trimming ini paling mahal diantara jenis lemak ayam lain karena ada hasil ikutan daging boneless dada bersama lemak ayam dengan jumlah tertentu.

Kedua:Pada proses boneless paha pun banyak dijumpai lemak yang menempel dibagian daging boneless paha ayam dan jumlahnya dua kali lebih banyak dari pada lemak yang melekat pada boneless dada.

Ketiga: Bagian lemak ayam karkas yang terakhir terdapat pada sekitar pantat ayam di bawah tunggir ayam karkas, lemak ini merupakan jenis lemak ayam paling baik karena kandungan lemak ayam dibagian pantat ayam ini jumlahnya paling banyak diantara lemak pada bagian tubuh ayam karkas yang lain.

Lemak yang terdapat pada daerah sekitar pantat ayam inilah yang paling banyak digunakan oleh banyak pihak untuk diproses menghasilkan minyak lemak ayam karkas. Minyak ayam karkas ini banyak digunakan oleh industri olahan skala kecil sampai besar untuk dijadikan sebagai campuran tambahan penguat cita rasa ayam pada produk olahan mereka.

Bagi kebutuhan makanan tradisional, lemak ayam karkas jenis ini juga banyak dijumpai pada pedagang sate ayam, lemak ayam bagi pedagang sate digunakan sebagai minyak untuk menambah aroma sate saat dipanggang dan juga ada yang langsung dicampur dengan daging ayam pada setusuk sate ayam tentunya jumlahnya lebih sedikit.

Sebagian besar produsen lemak ayam karkas ini merupakan rumah potong ayam yang memproduksi ayam fillet(boneless dada/boneless paha), dengan rutinitas produksi yang besar maka hasil lemak ayam karkas juga bisa dimaksimalkan jumlahnya. Kebutuhan usaha makanan olahan terhadap raw material lemak ayam karkas untuk dijadikan minyak sangat tinggi, hal ini bisa mendorong produk sampingan hasil fillet ayam karkas lebih memiliki nilai tambah lebih baik lagi terutama sampingan produk fillet ayam karkas berupa lemak ayam.

RPA Wahana Sejahtera Food menjual dan menyediakan produk lemak ayam karkas berkualitas, diambil dari lemak bagian tubuh ayam pilihan sehingga kualitas dan rasa minyak lemak ayam berasa really chicken taste!!

 

Best Regards,

 

Zafri Aristiawan

081235414422