Boneless Dada Ayam/Fillet Dada Ayam dalam waktu hampir dua bulan terakhir banyak kosong, baik di pasar tradisional maupun modern.

Hal ini disebabkan tersendat pasokan bahan baku berupa ayam hidup dari peternak di beberapa mayoritas daerah sentra peternak ayam hidup di Indonesia.

Beberapa analis mengatakan bahwa kejadian ini disebabkan oleh banyaknya ayam yang mengalami perlombaan pertumbuhan(Slow Growth) serta banyaknya ayam yang terkena penyakit.

Diterapkannya aturan pemerintah untuk melarang penggunaan Antibiotik Growth Promoter(AGP) juga berpengaruh pada percepatan pertumbuhan ayam.

Jadi selama kurun waktu Bulan Desember 2017 hingga pertengahan Januari 2018 pihak rumah potong ayam diseluruh Indonesia mengalami kendala bahan baku ayam hidup ukuran besar.

Yang dijumpai dibanyak kandang peternak adalah ayam ukuran berat hidup 1.0-1.3 paling besar.

Kalau pihak rumah potong ayam menggunakan bahan baku ayam Boneless dari Ayam hidup ukuran 1.0-1.3 maka yang terjadi adalah rendemen Boneless sangat rendah ditambah lagi dengan bahan baku yang cukup tinggi sehingga harga Boneless saat ini kurang Feasible bagi konsumen. Boneless Dada Ayam yang Halal, Sehat dan Higienis diproses oleh rumah potong ayam yang menaruh perhatian penuh akan kualitas produk raw material masakan bunda tercinta.

Dengan produk yang dijual dengan harga terjangkau, Boneless bisa dijumpai di lapak-lapak penjual daging ayam pasar tradisional hingga pasar modern.

Selain untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga, produk Boneless Dada juga sangat lazim digunakan oleh home industri makanan olahan dengan produk akhir bakso ayam, Sosis ayam dan lain sebagainya.

Boneless termasuk bahan baku utama dalam proses pembuatan makanan olahan berupa bakso ayam. Dengan adanya campuran bahan baku Boneless dan beberapa bahan baku penyusun Bakso Ayam, produk akhir bisa lebih terasa istimewa karena memiliki tekstur kenyal khas Bakso Ayam.

Untuk mengurangi biaya produksi, home industri makanan olahan biasa menggunakan MDM Ayam dan Boneless Dada sebagai komponen penyusun daging bahan baku bakso ayam karena memiliki harga lebih murah dan kualitas bakso istimewa.

Boneless dada mutlak diperlukan untuk mixing bahan baku dengan mdm ayam sebagai pengikat daging, tepung dalam adonan bakso ayam. Apabila produk ini diganti dengan keseluruhan daging MDM ayam maka Tekstur produk akhir kurang bagus dan cenderung tidak kenyal.

Produk bakso berbentuk sosis (Basis) bahan bakunya juga menggunakan Boneless ayam untuk rasa yang lebih Juicy.

 

www.afco.co.id