TAMU PT ASTRA AGRO

UD. Wahana Sejahtera Foods beberapa waktu lalu mendapatkan kunjungan dari PT. Astra Agro Lestari Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang management bahan-bahan perkebunan, seperti kelapa sawit, karet, teh, cokelat dan minyak masak(cooking oil) dan saat ini memiliki 250 ribu hektar lahan kelapa sawit yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia.

Kunjungan PT. Astra Agro Lestari Tbk ke UD. Wahana Sejahtera Foods diwakili oleh Direktur Keuangan Bpk. Rudy Chen serta Kepala tim managemen pengembangan bisnis Bpk Rien R Grandika dan disambut langsung oleh Bpk Agung Wicaksono selaku owner UD. Wahana Sejahtera Foods beserta Bpk Zafri Aristiawan mewakili tim marketing serta Bpk Sumarsono mewakili tim produksi. Adapun pertemuan yang dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 13.30 WIB tersebut berjalan cukup hangat dan bersahabat.

Kunjungan PT. Astra Agro Lestari Tbk ke UD. Wahana Sejahtera Foods bertujuan untuk menggali potensi strategis dalam industry perunggasan nasional serta kemungkinan penjajakan kerjasama yang bisa disinergikan antara kedua perusahaan. Bpk Rudy Chen secara jelas menawarkan kerjasama dibidang finansial dalam pengembangan usaha UD. Wahana Sejahtera Foods kedepan apabila UD. Wahana Sejahtera Foods berkenan, selain itu PT. Astra Agro Lestari Tbk memiliki agenda berupa feasibility study di dunia usaha penanganan produk unggas pasca panen di RPA. Wahana Sejahtera Foods serta rencana usaha peternakan yang ter-integrasi.

Bpk Rien G Randika menyampaikan rencana PT. Asra Agro Lestari Tbk untuk mengembangkan sayap bisnisnya di bidang peternakan secara terintegrasi dari industri hulu ke hilir. Industri hulu di dunia peternakan merupakan suatu industri yang memproses bahan mentah melalui pengumpulan serta budidaya untuk dijadikan bahan setengah jadi dalam mendukung kegiatan industri lain dalam dunia peternakan berupa bahan pakan ternak. Setelah perusahaan pakan ternak, berlanjut ke industri penetasan ayam(Breeding Farm), Budidaya, Rumah Potong Ayam serta Industri Makanan Olahan.

Dalam kesempatan tersebut, Bpk Rien R Grandika bertanya kepada Bpk Agung Wicaksono tentang dari sekian jenis usaha integrated didunia peternakan, kapan bisa dimulai dan yang bisa diwujudkan dalam kurun waktu relatif cepat serta potensi bahan baku, kendala dan peluang pasar yang ada dalam usaha peternakan di Indonesia. Mendapatkan pertanyaan tersebut, Bpk Agung Wicaksono menjawab secara bijak “saat yang tepat untuk memulai usaha di dunia peternakan, ya sekarang”,  karena harga ayam cukup kompetitif dan kebutuhan pasar cukup besar.  Untuk mengawali usaha di dunia peternakan membutuhkan kejelian pelaku  usaha tersebut apabila berencana mengawali pembuatan industri peternakan dari hulu ke hilir, apakah akan memilih membangun pabrik peternakan dulu sedangkan pasar untuk penyerapan produk pakan tersebut belum ada tentunya sangat beresiko, atau dimulai dari farm ayam broiler dulu untuk masalah pakan ayam bisa membeli di pabrikan pakan ayam yang ada dan untuk penanganan produk ayam saat panen bisa disinergikan dengan beberapa Rumah Potong Ayam salah satunya UD. Wahana Sejahtera Foods yang setiap hari pasti membutuhkan pasokan ayam hidup setiap harinya dalam jumlah cukup besar, namun dengan adanya fluktuasi ketidakpastian harga ayam saat ini juga menjadi salah satu pertimbangan juga dalam memulai usaha, para kompetitor pasti spot jantung juga apabila perusahaan sekaliber  PT. Astra Agro Lestari Tbk membuat farm, mereka pasti tidak tinggal diam dalam mengantisipasi adanya perusahaan besar yang berencana merebut “Porsi Kue” mereka.

Kalau berinvestasi di segmen industri rumah potong ayam tanpa memiliki farm sendiri dan masih membeli dari farm-farm besar bisa jadi harga yang didapatkan cenderung lebih mahal dan beresiko tidak mendapat pasokan ayam hidup dari farm-farm perusahaan saat ada kebijakan dari internal perusahaan tersebut untuk tidak menjual “keluar” ayam hidup melainkan diproses sendiri guna mencukupi kebutuhan internal perusahaan serta saat populasi ayam hidup sedikit tentunya prioritas penjualan ayam hidup ditujukan kepada internal perusahaan sendiri. Setali tiga uang dengan bermain di segmen makanan olahan, tentunya semua rencana dalam memulai usaha baru didunia peternakan pasti ada kendala dan peluang didalamnya.

Dukungan SDM berkualitas dan nama besar Group Astra tentunya akan lebih mudah dalam menentukan langkah usaha dunia peternakan disegmen mana akan dimulai, UD. Wahana Sejahtera Foods menyambut baik apapun keputusan yang di ambil PT. Astra Agro Lestari Tbk untuk meramaikan serta memajukan dunia peternakan Indonesia pada Umumnya, Semoga!