Archive for December, 2018

JUAL KULIT IKAN PATIN

Kulit Ikan Patin

Jual Kulit ikan patin mempunyai karakteristik yang khas, agak tebal dan ulet,sehingga apabila dibuat keripik, bisa memberikan bentuk dan tekstur yang menarik.

Karakter fisik kulit ikan patin tersebut memungkinkan peresapan bumbu membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu keripik ikan patin bisa diolah dengan cara yang sederhana , akan tetapi seringkali masih memberikan tekstur yang kurang bagus, warna kurang cemerlang dan kadang masih menimbulkan bau amis apabila cara pengolahan kurang tepat.Kandungan kimia dari keripik kulit ikan patin juga belum banyak diketahui, hal ini merupakan data pendukung yang cukup baik untuk mengenalkan keripik kulit ikan patin.

Ikan patin (Pangasius sp.) adalah salah satu ikan asli perairan Indonesia yang telah berhasil didomestikasi. Jenis-jenis patin di Indonesia sangat banyak, antara lain Pangasius pangasius atau Pangasius jambal, Pangasius humeralis, Pangasius lithostoma, Pangasius nasutus, Pangasius polyuranodon, Pangisius niewenhuisii. Ikan patin merupakan ikan perairan tawar yang banyak ditemukan di daerah Sumatera, Kalimantan dan sebagian Jawa (Rupawan et al., 2000).

Ikan patin yang tergolong ikan air tawar memberikan prospek yang sangat bagus. Masyarakat mulai banyak mengenal budidaya ikan Patin ini melalui media sosial dan berita surat kabar. Saat ini ikan patin menjadi salah satu komoditas unggulan dibidang perikanan. Ikan air tawar yang memiliki warna putih keabu-abuan, ikan patin memiliki cita rasa yang khas dan mengandung protein cukup tinggi. Disamping itu kadar kolesterol yang ada dalam ikan patin sangatlah rendah, sehingga ikan ini banyak dipilih masyarakat untuk dikonsumsi karena aman bagi kesehatan.

Keberadaannya di wilayah Indonesia tersebar mulai wilayah Lampung, Bengkulu, Bogor, Bandung, Blitar, Tulungagung, Jombang dan beberapa daerah lainnya. Dengan semakin banyaknya pembudidaya ikan patin inilah yang menarik pelaku industri pengolahan ikan untuk membangun mata rantai pendingin sekaligus tempat produksi hasil peternak ikan setelah panen.

Masyarakat Indonesia pada umumnya lebih familiar dengan ikan gurame, lele, nila, Bandeng atau ikan air tawar yang lain, yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat karena sangat mudah dijumpai dipasar-pasar tradisional.

Kandungan gizi ikan patin cukup tinggi karena mengandung kadar protein 17 gram protein, 132 kkal energi, lemak 6,6 gram dan karbohidrat 1,1 gram pada setiap 100 gram daging Ikan Patin. Ikan Patin juga memiliki dua jenis asam lemak yaitu DHA dan EPA kedua jenis asam lemak ini juga dimiliki oleh ikan salmon dan tuna. Bisa dibandingkan dengan mengkonsumi ikan patin yang harganya lebih murah dari ikan salmon dan tuna secara ekonomi tanpa mengurangi kandungan gizi pada masing-masing daging ikan tersebut.

Saat ini banyak variasi produk ikan patin yang dapat diolah dari yang sebelumnya hanya dimasak dalam kondisi utuh dibersihkan, lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan setelah dibumbui rempah-rempah lalu digoreng kini menjadi produk olahan yang dapat memperpanjang daya simpan dan distribusinya,misalnya ikan patin bakar, sop ikan patin atau pindang ikan patin, ikan patin asap, bakso ikan patin, nugget ikan patin juga sosis ikan patin.

Produk olahan ikan patin yang hanya menggunakan dagingnya, tentu saja akan memberikan hasil limbah ikan patin, salah satu diantaranya kulit ikan patin. Pada umumnya kulit tidak  banyak digunakan, tetapi setelah diketahui memberikan rasa yang spesifik dan enak, warga masyarakat mulai memanfaatkannya dengan membuat keripik kulit ikan patin. Pihak prosessing ikan patin jual kulit ikan patin untuk mensuplai bahan baku keripik kulit ikan patin ini.

(Dikutip dari tulisan :A.T. Dyah Ernawati, M.S. * dan Aniek Wulandari*Fakultas Teknologi Pertanian UNWIDHA Klaten)

 

Ayam Parting Marinasi

Ayam Marinasi Afco

Ayam Parting marinasi merupakan turunan produk ayam karkas utuh satu ekor yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian lalu ditaburkan serbuk bumbu sesuai takaran setelah itu di aduk menggunakan mesin tumbler Vacuum agar bumbu tersebut meresap sempurna dari daging luar hingga daging bagian dalam yang bersentuhan dengan tulang.

Pada umumnya ayam Parting marinasi ini didapatkan dari karkas ayam utuh ukuran 1-1.2kilogram per-ekornya dipotong – potong menjadi sembilan bagian sehingga lazim disebut Ayam Parting Sembilan. Ada juga pula ayam Parting Sepuluh yakni ayam Parting yang didapatkan dari karkas ayam utuh ukuran 1-1.2kilogram per-ekornya dipotong menjadi sepuluh bagian.

Ada pula jenis ayam parting marinasi dari karkas ayam 400-600gram dipotong menjadi empat bagian untuk menyesuaikan dengan kreasi menu para usahawan kuliner Fried chicken ini untuk tujuan memuaskan selera makan para pelanggannya.

Proses produksi ayam parting marinasi di CV. Wahana sejahtera Foods telah mengikuti standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh pelanggan, mulai dari pemilihan dan spesifikasi produk bahan baku ayam karkas yang akan digunakan, baik itu persyaratan gramasinya harus tepat, karkas ayam tidak memar, tidak patah pada bagian sayap, tidak sobek bagian kulitnya, potongan paha bawah ayamnya pada bagian persendian diminta membentuk angka delapan pada bagian potongannya, hilang tunggir, hilang maras kerongkongan, hilang maras paha atas dan hilang pada bagian lehernya.

Produk Ayam Parting Marinasi ini sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki usaha ayam goreng/Fried Chicken mulai yang sifatnya perorangan maupun yang sudah membentuk jaringan Franchise. Dengan adanya ayam Parting marinasi ini, pihak Franchisor cukup memberikan kepada kami bumbu rahasia yang sudah dikemas dalam plastik sesuai dengan takaran jumlah ekoran ayam, prosedur penanganan produk saat dicampur bumbunya(dikasih air atau tidak, pentirisan ayamnya berapa lama, dikemas dalam bentuk utuh atau terpisah) dengan tujuan untuk memastikan standar citarasa khas bumbunya harus sama dan tidak boleh berubah, itu prinsipnya.

Dengan memproduksi ayam parting marinasi di RPA, maka pihak Franchisor akan lebih mudah dalam manajemen bahan baku serta lebih mudah dalam pendistribusian ayam yang sudah berbumbu ini ke store-store yang ada.

Karena bentuknya dalam kondisi beku/frozen, karyawan di store tinggal men-thawing/Defrost/Mencairkan ayam tersebut cukup dalam suhu kamar dan setelah produk tersebut thawing, karyawan tinggal memasukkan potongan-potongan ayam ke dalam tepung dasar lalu tinggal masukkan kedalam wajan penggorengan/Fryer hingga ayam mengambang nampak berwarna kuning ke-emasan yang menandai ayam sudah matang dan siap ditiriskan.

CV. Wahana Sejahtera Foods Jual Ayam Parting Marinasi dengan variasi dan berbagai ukuran potongan sesuai kebutuhan usaha makanan ayam goreng/Fried Chicken anda.

CV. Wahana sejahtera Foods menyediakan berbagai macam varian produk ayam parting marinasi dengan harga kompetitif.

Jombang 23 Desember 2018

Zafri
081235414422

JUAL FILET IKAN PATIN

Jual Filet Ikan Patin merupakan ikan yang hidup di air tawar dan memiliki kumis menyerupai ikan Lele. Ikan Patin dalam ilmu  Biologi adalah ikan yang termasuk dalam Genus Pangasius. Ikan ini cukup unik karena mempunyai sifat yang banyak  melakukan aktifitas dimalam hari. Dalam ilmu Biologi, ikan Patin ini memiliki struktur penyusun tubuh mulai dari Mulut, Kumis(Misai), Mata, Tutup Insang, Sirip Dada,Sirip Pungung, Sirip Perut, Sirip Dubur, Sirip Tambahan, Sirip Ekor dan Batang Ekor.

Ikan Patin secara alami banyak ditemukan dan suka bersembunyi di dalam lubang tepi sungai. Selain itu ikan ini  termasuk omnivora atau golongan ikan pemakan segala. Dihabitat aslinya, makanan ikan patin antara lain ikan-ikan  kecil, cacing,serangga, biji-bijian dan udang kecil. Ikan patin termasuk ikan dasar air tawar. Hal ini bisa dilihat  dari bentuk mulutnya yang agak ke bawah. Selain di Indonesia, ikan ini juga hidup disungai-sungai dan muara sungai di Thailand, India, dan Myanmar.

Di Indonesia saat ini sudah mulai banyak dijumpai Budidaya dan pen jual filet Ikan Patin dengan memanfaatkan lahan pertanian yang  dirubah menjadi kolam, atau juga memanfaatkan lahan sungai-sungai besar di Indonesia sebagai tempat budidaya ikan  tersebut.

Budidaya Ikan Patin di Indonesia didukung penuh oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan(KKP) agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat ikan ini baik secara ekonomis maupun manfaat kesehatan yang didapat dari kandungan ikan patin itu sendiri.

Peternak dan pen jual filet Ikan Patin di Indonesia membuat kolam-kolam baik itu alami maupun kolam buatan sebagai tempat budidaya ikan ini. Karena nilai ekonomisnya cukup tinggi, beberapa perusahaan telah membuat program kemitraan budidaya ikan patin ini untuk menunjang kebutuhan pasar domestik maupun pasar ekspor yang cukup besar terhadap permintaan daging ikan patin baik itu yang utuh maupun yang sudah di fillet atau boneless.

Dengan pola kemitraan tersebut, peternak mendapatkan banyak keuntungan mulai dari bibit ikan, pakan ikan selama masa pemeliharaan 6-8 bulan, Vaksin, Petugas Pengawas Lapangan dan penanganan produk saat panen dan pasca panen. Setelah ikan patin dipanen maka dari perusahaan integrator akan memprosesnya di Unit Pengolahan Ikan yang dipersiapkan sebagai mitra kerjanya.

Ditempat Unit Pengolahan Ikan inilah, ikan patin tersebut diproses produksi. Mulai dari proses pemotongan ikan, pencucian, Pendinginan(pre-coling), proses pemisahan daging dan tulang(Fillet ikan patin), Glazing, packaging,  pembekuan, penyimpanan hingga pengiriman barang pesanan ke pelanggan.

Daging ikan patin baik itu berupa fillet ikan patin maupun utuh banyak dijumpai di pasar tradisional sampai pasar  moderen yang digunakan untuk pelbagai jenis makanan. Untuk konsumen Hotel biasanya memakai jual filet ikan patin untuk masakan jenis fillet chrispy dibaluri dengan saus asam manis saat sajian breakfast.

Untuk konsumen jenis restaurant fillet ikan patin ini dibaluri tepung berbumbu lalu digoreng, setelah matang disajikan dengan kentang dan salad.

Selain dijadikan Filet, ekses produksi ikan fillet ini yang berupa trimming dan bagian lainnya bisa dipakai sebagai bahan baku mdm ikan patin untuk penunjang industry makanan olahan asal ikan.

Industri makanan olahan asal ikan saat ini juga mulai memilih daging giling ikan patin sebagai bahan baku bakso ikan, siomay ikan dan scallop ikan. Hal ini dikarenakan bahan baku ikan untuk proses menjadi “Surimi” lebih susah didapatkan dari nelayan dan harganya lebih mahal. Dengan menggunakan mdm ikan patin biaya bahan baku produksi lebih murah dan citarasa ikan tetap terjaga.

Untuk Informasi harga dan varian ikan patin bisa menghubungi nomor 085730558885.

 

Jombang, 22 Desember 2018

 

Zafri

 

 

 

 

 Page 1 of 2  1  2 »