Archive for June, 2017

BAHAN BAKU BAKSO SAPI

CV. Wahana Sejahtera Foods merupakan produsen bahan baku bakso ayam maupun bahan baku bakso sapi berupa daging giling ayam atau lazim disebut MDM ayam sedangkan untuk bahan baku bakso sapi giling pemesanan by order, bahan baku bakso tersebut dibuat oleh tim produksi berpengalaman dalam proses pembuatan bahan baku bakso itu sendiri sehingga menciptakan produk akhir dengan citarasa kenikmatan sempurna dalam rasa ditunjang dengan mesin MDM berstandart internasional menjadikan MDM produksi CV. Wahana Sejahtera Foods sangat direkomendasikan sebagai menu bahan baku makanan keluarga Indonesia sehat.

Bakso Sapi merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Meskipun bukan makanan utama, nyatanya bakso sapi mendapatkan porsi konsumsi cukup besar di masyarakat semua lapisan. Terbukti dengan fakta dilapangan ada banyak sekali pedagang bakso sapi mulai dari pedagang bakso sapi di Mall, pen jual bakso sapi di warung-warung, pen jual bakso sapi di tenda kaki lima, pen jual bakso sapi di pasar-pasar tradisional dan berbagai tempat keramaian dan fasilitas umum selalu saja banyak dijumpai pen jual bakso sapi ini. Secara logika makin banyak pen jual bakso sapi berarti konsumennya jumlahnya banyak sekali.

Banyaknya pen jual bakso sapi membuat masyarakat semua kalangan dengan mudah menikmati bakso sapi tanpa harus jauh-jauh dan menunggu lama membeli bakso sapi, karena sebagian dari penjual bakso tersebut berkeliling menawarkan barang dagangannya untuk lebih mendekatkan dan memudahkan masyarakat dalam menikmati makanan sejuta umat ini.

Penjual bakso pada umumnya membeli daging sapi dengan kualitas baik di rumah potong hewan atau pedagang daging sapi di pasar pada pagi hari sekalian membeli bumbu, tepung dan sayuran sebagai bahan pelengkap lalu dibawa ke tukang jasa penggilingan bakso yang banyak dijumpai dipasar-pasar tradisional dengan harga bervariasi antara Rp 3000/Kg hingga Rp 5000/Kg sudah termasuk bahan penunjang berupa es batu.

Penggunaan es batu bisa menghasilkan tekstur bakso lebih legit saat dinikmati karena es batu dalam bahan penyusun adonan bakso berfungsi sebagai pelarut juga menurunkan suhu panas hasil proses gesekan bahan-bahan penyusun bakso dengan loyang gilingan bakso itu sendiri, dengan adanya es batu inilah suhu panas bisa diminimalkan serta menjaga struktur protein daging sapi sebagai bahan baku bakso tidak rusak sehingga bisa menyatu dan mengikat dengan bahan-bahan lain dalam adonan.

Dengan adanya jasa penggilingan adonan bakso inilah, masyarakat pedagang bakso khususnya sangat dimudahkan apalagi saat ini banyak dari jasa penggilingan adonan bakso ini memberikan servis tambahan dengan menyediakan bahan baku bakso secara lengkap mualai dengan menjual daging sapi, daging ayam tanpa tulang, sayur mayur, bawang goreng sekaligus bumbu-bumbunya. Jadi, apabila ada pedagang bakso mau memproses pembuatan bakso sapi tinggal datang saja ke lapak jasa penggilingan adonan bakso yang terintegrasi lengkap dengan  bahan lain tanpa harus lari kesana kemari, semisal mau beli daging sapi di pasar lantai 1, lalu beli sayur mayur di pasar lantai 2, sedangkan bumbu pelengkap pedagangnya buka lapak di luar pasar dan tempat gilingan adonan bakso di lantai 3 tentunya sangat merepotkan dan memakan waktu.

Semakin maraknya pedagang bakso sapi membuat masyarakat bisa memilih variasi produk yang di inginkan, ada beberapa jenis varian bakso sapi yang sering dijumpai antara lain:

1. Bakso Sapi Original

Bakso Sapi Original ini terbuat dari daging sapi asli tanpa adanya daging tambahan lain dengan aroma menggoda selera biasanya bakso jenis ini memiliki tekstur halus.

2. Bakso Sapi Urat

Bakso Sapi Urat ini menggunakan bahan baku daging sapi yang cenderung memakai daging sapi bagian urat-uratnya, biasanya bakso sapi jenis urat ini berbentuk kasar dan masih ada urat sapi yang tercampur dalam produk bakso tersebut.

3. Bakso Sapi Sosis

Bakso Sapi Sosis ini terbuat dari daging sapi pilihan namun tidak dibentuk bulat seperti pada bentuk bakso pada umumnya, melainkan berbentuk sosis lengkap dengan selongsongnya tanpa meninggalkan cita rasa dari bakso itu sendiri, beberapa tahun belakangan ini produk bakso berbentuk sosis (Basis) sangat laku keras dipasaran mulai tradisional market sampai modern market.

4. Bakso Sapi Sayur

Bakso Sapi Sayur juga terbuat dari bahan baku utama daging sapi murni dan fresh lalu ditambahkan beberapa jenis sayuran dipotong kecil-kecil dan diaduk agar tercampur rata dalam adonan biasanya sayuran yang dipakai sebagai bahan tambahan Bakso Sapi Sayur ini adalah Wortel, Bunga Kol, Kubis serta Tauge dan masih banyak jenis-jenis bakso lain yang bisa dijumpai di seluruh penjuru negeri.

Jombang, 17 Juni 2017

 

Moch Zafri Aristiawan

Penikmat Daging Unggas

 

 

 

 

BAHAN BAKU BAKSO

Bakso sapi adalah  produk pangan yang terbuat dari bahan baku bakso utama daging sapi yang dilumatkan, dicampur dengan bahan-bahan lainnya, dibentuk bulatan-bulatan, dan selanjutnya direbus.  Biasanya istilah bakso tersebut diikuti dengan nama jenis dagingnya, seperti bakso sapi, bakso ayam, dan bakso ikan(Usmiyati dan Priyanti:2006).

Bakso merupakan salah satu makanan tambahan bercitarasa tinggi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, dengan proses pembuatan cukup mudah maka semua orang bisa membuat bakso sendiri sesuai dengan selera. Umumnya bakso  dibuat dengan daging sapi, semakin baik dan segar daging sapi yang diolah maka akan menghasilkan produk akhir semakin baik pula. Mutu produk bakso yang dihasilkan berbanding lurus dengan kesegaran daging dan jenis daging dalam proses  pembuatan bakso, disarankan memilih daging sapi berbentuk tebal, masih segar dan memiliki sedikit lemak. Selain bahan baku, alur proses produksi juga berperan sangat penting untuk menghasilkan bakso bermutu tinggi.

Kandungan bahan baku bakso berasal dari daging sapi memiliki nutrisi protein tinggi, sehingga memunculkan potensi tumbuh kembang bakteri merugikan yang membuat produk utama berupa bakso tersebut sangat rentan mengalami kerusakan apabila tidak disimpan dalam freezer atau diberikan bahan pengawet alami makanan. Tanpa disimpan didalam freezer bersuhu -5 sampai -15 derajat celcius, produk bakso sapi apabila ditaruh disuhu ruangan hanya akan mampu bertahan seharian, tentu akan menjadi masalah bagi produsen maupun pedagang bakso sapi yang memproses produk tidak untuk dikonsumsi sendiri dalam jumlah sedikit melainkan proses pembuatan bakso sapi dalam skala besar untuk dipasarkan serta didistribusikan ke reseller yang memakan waktu berhari-hari dan tidak bisa dipaksakan untuk pada hari pembuatan bakso sapi tersebut maka pada hari itu pula produk harus habis.

Cara mengawetkan makanan seperti bakso sapi secara manusiawi dan paling baik tanpa efek apapun yaitu dengan menggunakan proses mata rantai pendingin dimana sesaat setelah bakso sapi melewati proses perebusan setelah matang sempurna lalu ditiriskan dan di dinginkan disuhu ruangan. Setelah produk bakso sapi sudah terasa dingin apabila disentuh, proses selanjutnya adalah pengemasan dengan cara memasukkan produk kedalam plastik standart  makanan jenis HDPE dengan ketebalan 0,7 mikron lalu diseal menggunakan alat sealer, dilanjutkan dengan proses penempatan produk kedalam loyang satu persatu sebelum akhirnya dimasukkan kedalam ruangan air blast freezer untuk proses pembekuan secara maksimal pada suhu yang telah ditentukan.  Dengan cara inilah kepastian keamanan produk makanan berupa bakso sapi terjaga, selanjutnya produk bisa disimpan di freezer bersuhu -18 derajat agar bisa tetap baik digunakan sampai 12 Bulan kedepan.

Pengemasan sebaiknya tidak menggunakan kemasan jenis vakum karena secara langsung dapat berpengaruh terhadap bentuk bulatan pada produk bakso sapi, menggunakan kemasan jenis vakum membuat bentuk produk bakso tidak beraturan  dan menyimpang dari  istilah umum bakso atau meat ball dimana berbentuk bulat layaknya bola sepak.

Saat diperlukan entah itu untuk dikonsumsi sendiri atau dijual lagi, bakso sapi dalam kondisi beku tersebut bisa di thawing(dicairkan) secara normal dengan cara diletakkan disuhu kamar beberapa saat sampai produk benar-benar siap untuk olah lagi.

CV. Wahana Sejahtera Foods merupakan salah satu produsen bahan baku bakso ayam maupun bahan baku bakso daging sapi berupa daging giling ayam atau lazim disebut MDM ayam sedangkan untuk daging sapi giling pemesanan by order, bahan baku bakso tersebut dibuat oleh tim produksi berpengalaman dalam proses pembuatan bahan baku bakso itu sendiri sehingga menciptakan produk akhir dengan citarasa kenikmatan sempurna dalam rasa ditunjang dengan mesin MDM berstandart internasional menjadikan MDM produksi CV. Wahana Sejahtera Foods sangat direkomendasikan sebagai menu bahan baku makanan keluarga Indonesia sehat.

 

Jombang, 16 Juni 2017

 

 

Moch Zafri Aristiawan