Archive for October, 2015

CV. WAHANA SEJAHTERA FOODS

TAMU PT ASTRA AGRO

UD. Wahana Sejahtera Foods beberapa waktu lalu mendapatkan kunjungan dari PT. Astra Agro Lestari Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang management bahan-bahan perkebunan, seperti kelapa sawit, karet, teh, cokelat dan minyak masak(cooking oil) dan saat ini memiliki 250 ribu hektar lahan kelapa sawit yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia.

Kunjungan PT. Astra Agro Lestari Tbk ke UD. Wahana Sejahtera Foods diwakili oleh Direktur Keuangan Bpk. Rudy Chen serta Kepala tim managemen pengembangan bisnis Bpk Rien R Grandika dan disambut langsung oleh Bpk Agung Wicaksono selaku owner UD. Wahana Sejahtera Foods beserta Bpk Zafri Aristiawan mewakili tim marketing serta Bpk Sumarsono mewakili tim produksi. Adapun pertemuan yang dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 13.30 WIB tersebut berjalan cukup hangat dan bersahabat.

Kunjungan PT. Astra Agro Lestari Tbk ke UD. Wahana Sejahtera Foods bertujuan untuk menggali potensi strategis dalam industry perunggasan nasional serta kemungkinan penjajakan kerjasama yang bisa disinergikan antara kedua perusahaan. Bpk Rudy Chen secara jelas menawarkan kerjasama dibidang finansial dalam pengembangan usaha UD. Wahana Sejahtera Foods kedepan apabila UD. Wahana Sejahtera Foods berkenan, selain itu PT. Astra Agro Lestari Tbk memiliki agenda berupa feasibility study di dunia usaha penanganan produk unggas pasca panen di RPA. Wahana Sejahtera Foods serta rencana usaha peternakan yang ter-integrasi.

Bpk Rien G Randika menyampaikan rencana PT. Asra Agro Lestari Tbk untuk mengembangkan sayap bisnisnya di bidang peternakan secara terintegrasi dari industri hulu ke hilir. Industri hulu di dunia peternakan merupakan suatu industri yang memproses bahan mentah melalui pengumpulan serta budidaya untuk dijadikan bahan setengah jadi dalam mendukung kegiatan industri lain dalam dunia peternakan berupa bahan pakan ternak. Setelah perusahaan pakan ternak, berlanjut ke industri penetasan ayam(Breeding Farm), Budidaya, Rumah Potong Ayam serta Industri Makanan Olahan.

Dalam kesempatan tersebut, Bpk Rien R Grandika bertanya kepada Bpk Agung Wicaksono tentang dari sekian jenis usaha integrated didunia peternakan, kapan bisa dimulai dan yang bisa diwujudkan dalam kurun waktu relatif cepat serta potensi bahan baku, kendala dan peluang pasar yang ada dalam usaha peternakan di Indonesia. Mendapatkan pertanyaan tersebut, Bpk Agung Wicaksono menjawab secara bijak “saat yang tepat untuk memulai usaha di dunia peternakan, ya sekarang”,  karena harga ayam cukup kompetitif dan kebutuhan pasar cukup besar.  Untuk mengawali usaha di dunia peternakan membutuhkan kejelian pelaku  usaha tersebut apabila berencana mengawali pembuatan industri peternakan dari hulu ke hilir, apakah akan memilih membangun pabrik peternakan dulu sedangkan pasar untuk penyerapan produk pakan tersebut belum ada tentunya sangat beresiko, atau dimulai dari farm ayam broiler dulu untuk masalah pakan ayam bisa membeli di pabrikan pakan ayam yang ada dan untuk penanganan produk ayam saat panen bisa disinergikan dengan beberapa Rumah Potong Ayam salah satunya UD. Wahana Sejahtera Foods yang setiap hari pasti membutuhkan pasokan ayam hidup setiap harinya dalam jumlah cukup besar, namun dengan adanya fluktuasi ketidakpastian harga ayam saat ini juga menjadi salah satu pertimbangan juga dalam memulai usaha, para kompetitor pasti spot jantung juga apabila perusahaan sekaliber  PT. Astra Agro Lestari Tbk membuat farm, mereka pasti tidak tinggal diam dalam mengantisipasi adanya perusahaan besar yang berencana merebut “Porsi Kue” mereka.

Kalau berinvestasi di segmen industri rumah potong ayam tanpa memiliki farm sendiri dan masih membeli dari farm-farm besar bisa jadi harga yang didapatkan cenderung lebih mahal dan beresiko tidak mendapat pasokan ayam hidup dari farm-farm perusahaan saat ada kebijakan dari internal perusahaan tersebut untuk tidak menjual “keluar” ayam hidup melainkan diproses sendiri guna mencukupi kebutuhan internal perusahaan serta saat populasi ayam hidup sedikit tentunya prioritas penjualan ayam hidup ditujukan kepada internal perusahaan sendiri. Setali tiga uang dengan bermain di segmen makanan olahan, tentunya semua rencana dalam memulai usaha baru didunia peternakan pasti ada kendala dan peluang didalamnya.

Dukungan SDM berkualitas dan nama besar Group Astra tentunya akan lebih mudah dalam menentukan langkah usaha dunia peternakan disegmen mana akan dimulai, UD. Wahana Sejahtera Foods menyambut baik apapun keputusan yang di ambil PT. Astra Agro Lestari Tbk untuk meramaikan serta memajukan dunia peternakan Indonesia pada Umumnya, Semoga!

PABRIK AYAM KARKAS

Di daerah Jombang , Jawa Timur terdapat pabrik ayam karkas atau biasa disebut rumah pemotongan ayam  yang dibangun sejak 1998 dan terus berkembang pesat hingga saat ini. Ribuan ayam tiap harinya di potong di RPA ini.

 FARM WAHANA 1

Kandang ayam disebut farm. Farm ini dapat berisi ribuan ayam. Makanan ayam ini berupa crumble atau butiran. Crumble ini khusus untuk makanan ayam kecil untuk bekal pertumbuhannya. Minuman untuk ayam juga harus dijaga untuk tetap mengalir dengan lancar.

 FARM WAHANA 2

Kesehatan ayam-ayam disini juga diperhatikan. Salah satunya adalah dengan pemberian vaksin secara rutin. Vaksin hanya diberikan untuk ayam usia 0, 12 dan 20 hari. Manfaatnya adalah untuk mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh ayam.

Selain makanan, minuman dan vaksin, udara dan suhu ruangan farm juga harus terjaga. Udara di dalam farm tidak boleh pengap apalagi sampai lembab.

Ayam akan siap dipotong ketika usianya 35 hari. Ayam akan melalui proses stunning. Pada proses ini, ayam diberi tegangan 20 sampai 30 volt tergantung ukuran ayam. Tujuan dari proses stunning adalah ayam menjadi pingsan, hanya kehilangan kesadaran, bukan langsung mati. Sebelum melakukan pemotongan, para pegawai harus berdoa terlebih dahulu. Karena pabrik pemotongan ayam disini menjaga kehalalan produk. Bahkan pegawai yang melakukan pemotongan ini telah memiliki sertifikat dari Majelis Ulama Indonesia, yang artinya pemotongan sudah dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

 RPA WAHANA EVICERASI

Setelah dipotong, ayam akan masuk ke tangki perebusan. Suhunya adalah 60 derajat selsius. Tujuan dari perebusan yaitu memudahkan dalam pencabutan bulu nantinya. Cuma membutuhkan waktu beberapa menit untuk mencabut semua bulu ayam.

Di ruangan evicerasi, para karyawan bertugas memotong kepala, membuang isi perut dan memotong bagian kaki ayam. Untuk pemotongan kaki ayam dilakukan otomatis dengan mesin potong. Bagian perut seperti usus, hati, ampela, jantung dan juga bagian kaki ini selanjutnya dijual terpisah dari badan ayam.

Proses berikutnya yaitu perendaman badan ayam di mesin bernama screwchiller. Perendaman bertujuan untuk dua hal, pertama untuk membersihkan sisa-sisa darah yang menempel didalam ayam. Lama perendaman sekitar 5 menit. Yang kedua mendinginkan ayam dengan suhu 5 derajat selsius selama 25 menit, dengan begitu akan menghambat pertumbuhan bakteri merugikan.

 GRADING WAHANA

Setelah ditiriskan dari perendaman, ayam ditimbang satu per satu. Terakhir, kemas ayam ke dalam plastik. RPA. Wahana Sejahtera Foods ini juga memproduksi ayam boneless. Produk ini dijual mulai dari Rp 33.000 per kilogram atau mengikuti harga pasar. Penjualannya pun sudah sampai ke seluruh Indonesia.

Keuntungan membeli ayam karkas atau ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong tanpa kepala, isi perut dan kaki ini adalah lebih aman dan sehat karena diproses langsung tanpa bahan kimia, bebas borax, formalin, dan flu burung karena selalu rutin dideteksi di laboratorium Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan sudah pasti kandungan proteinnya lebih terjaga.

 PACKAGING WAHANA

 

Source:http://laptopsiunyil.blogdetik.com/2015/09/01/pabrik-ayam-karkas

Berdasarkan liputan Laptop Si Unyil di RPA. Wahana Sejahtera Foods

 

Jual Hati Ayam

HATI AMPELA KARTON PACKAGE

HATI AMPELA KARTON PACKAGE

RPA Wahana Sejahtera Foods jual hati ayam broiler bersih kemasan 1kg/pack dengan harga terjangkau dan produksi berlimpah. Hati ayam broiler produksi RPA Wahana Sejahtera Foods cukup terjaga kebersihannya karena diproses secara standart dan bentuk fisiknya berupa bagian Hati ayam saja, hati ayam tersebut sudah terpisah dengan jantung dan ampelanya.

Produk hati ayam broiler dalam kondisi frozen sangat diminati masyarakat, terbukti dengan banyaknya permintaan produk hati ayam broiler frozen ini dari customer di daerah Jakarta, Tangerang, Bandung, Bekasi, Bogor, Karawang hingga keluar pulau Jawa. Atas dasar permintaan pelanggan RPA. Wahana Sejahtera Foods berkomitmen untuk terus memproduksi hati ayam broiler kondisi frozen secara berkelanjutan dan masif demi memastikan ketersediaan produk hati ayam frozen ditengah-tengah masyarakat.

Bentuk fisik hati ayam ringkih dan rawan rusak, bila dilakukan penanganan handling barang kasar bahkan jatuh terbanting saat bongkar muat barang, hal inilah yang menjadikan salah satu alasan bagi pedagang lebih memilih membeli hati ayam broiler dalam kondisi frozen karena lebih aman karena setelah produk hati ayam broiler frozen dipanen dari air blast freezer selanjutnya dimasukkan kedalam karton dengan tujuan untuk lebih menjaga produk hati ayam frozen dari benturan dan perlakuan handling kasar saat proses bongkar muat barang.

Hati ayam broiler frozen cukup mudah dalam proses pencairan (thawing), cukup dengan hanya ditaruh di tempat bersuhu kamar selama beberapa jam hingga saat disentuh dengan tangan, produk hati ayam broiler tersebut tidak keras lagi sehingga kualitas fresh dan warnanya cukup cerah tidak pucat. Cara thawing yang salah mengakibatkan rusak atau hancurnya produk hati ayam frozen, seperti cara thawing hati ayam dalam kondisi frozen dengan cara direbus menggunakan air panas akan mengakibatkan pecahnya bentuk fisik hati ayam frozen hingga tak berbentuk sehingga tidak bisa diolah lagi.

Banyak hal positif dalam proses hati ayam frozen, mindset kebanyakan produsen rumah potong ayam adalah menganggap produk hati ayam broiler merupakan produk limbah yang setiap hari harus habis terjual berapapun harganya dalam kondisi fresh, karena selama ini supplier hati ayam broiler dipasar tradisional belum terbiasa untuk jual hati ayam broiler dalam kondisi frozen, mereka cenderung banyak jual hati ayam broiler dalam kondisi fresh. Karena belum terbiasa jual hati ayam broiler frozen inilah yang menyebabkan adanya selisih harga lebih murah hati ayam broiler frozen dari pada harga hati ayam broiler fresh.

Seperti di daerah Karawang tepatnya dipasar Rengasdengklok, ada produk hati ayam frozen serta produk ampela frozen yang menjadi kesukaan masyarakat sana karena bentuknya dalam kemasan plastik 1kg/pack lalu ditempatkan didalam karton yang berisi 10 pack/karton atau berat bersih 10kg/karton.

Semua kembali bergantung pada kebiasaan atau tradisi masyarakat yang bisa bebas memilih antara produk sampingan fresh maupun produk sampingan berupa hati ayam broiler frozen.

Jombang, 21 Oktober 2015

Zafri Aristiawan

 Page 1 of 2  1  2 »